Selasa, 28 Juni 2016

ARTIKEL



NUMEROLOGI: 
MENGETAHUI SIFAT MANUSIA DARI ANGKA PRIMER

      Ada suatu cabang ilmu yang disebut ilmu angka. Dengan menghitung tanggal atau angka kelahiran dan inisial nama dapat mengenali kepribadian (baik sifat, watak dan karakter) diri sendiri maupun orang lain. Dengan kata lain, ilmu ini dapat mengetahui nasib kita sendiri dan orang di sekeliling kita dengan mudah. Ilmu angka itulah yang sering kali disebut sebagai numerologi.
Nomerologi yaitu bentuk tertua dari ilmu nujum. Pada asal mula munculnya ilmu ini tidak bisa dilacak. Namun, bangsa Mesir Kuno, Babylonia, Cina, dan bangsa lainnya mempunyai teori nujum dengan angka-angka. Konsepnya diambil berdasarkan fenomena alam, seperti pelangi yang warnanya 7 buah dan lain sebagainya. Mengacu pada sejarah, penggunaan numerologi juga sudah ada sejak era pemujaan dewa-dewi oleh bangsa Yunani kuno. Numerologi ini juga didasarkan pada asumsi bahwa setiap angka memiliki dasar nomor numerologi sendiri yang diperoleh dengan cara menambahkan angkanya.
Selain itu, untuk menghitung jumlah numerologi juga dibutuhkan informasi dasar mengenai tanggal lahir, inisial nama dan lain sebagainya yang kemudian direduksi menjadi satu digit. Walaupun ada beberapa pengembangan variasi antara sistem-sistem numerologi, sebagian besar didasarkan pada teori matematika Yunani, dan ahli filsafat seperti Pytahgoras. 











Pytahgoras percaya bahwa seluruh jagat raya ini dapat dihitung secara matematis, dan bahkan dapat dituangkan dengan angka-angka yang merupakan kunci jagat raya ini. Numerologi atau ilmu angka juga dikenal dengan istilah numeromancy atau arithomancy yang pernah digunakan sebagai bentuk ramalan umum. Saat ini, numerologi hanya digunakan untuk mengaitkan antara kepribadian dan potensi dengan sedikit analisis. Dasar kepercayaan dari ilmu ini yaitu angka-angka tertentu, terutama angka primer (1-9) yang mempunyai pengaruh terhadap segala segi kehidupan dan kepribadian umat manusia.
Dengan begitu, boleh jadi para ahli ramal nasib atau ahli feng shui bahkan orang yang mengatakan pintar meramal merupakan orang-orang yang menguasai ilmu bernama numerologi tersebut. Karena pada umumnya mereka dapat meramal serta mengetahui kepribadian dan nasib banyak orang hanya dengan melihat tanggal lahir serta inisial nama dari orang tersebut.
Jadi, apabila kita ingin bisa meramal (memprediksi) nasib keberuntungan, karier dan jodoh kita sendiri bahkan orang lain, maupun bagi yang ingin sekali mampu mengetahui kepribadian (sifat, watak serta karakter) seseorang maka harus menguasai ilmu angka (numerologi) ini terlebih dahulu. Dengan menguasai ilmu tersebut, tentu kita dapat mengetahui karakter seseorang hanya dengan melihat tanggal lahirnya atau bahkan hanya dengan inisial namanya saja. Seketika itu pula, kita akan dianggap seseorang memiliki kelebihan “indra keenam” karena mampu membaca masa depan seseorang, menebak karakternya, dan sifatnya serta memberi solusi positif untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Pengertian Angka Primer
     Angka primer adalah angka utama/ satu-satunya yang merupakan hasil dari penjumlahan angka-angka lainya. Penjumlahan ini bukan penjumlahan matematika pada umumnya. Anda dapat menggunakan rumus sebagai berikut:
X+X+X+X+X = XYZ
X+Y+Z = X
       Diangka primer dimulai dari 1 sampai 9, setiap angka dapat dijumlah hingga mencapai angka primer melalui proses sederhana yaitu penambahan dari kiri ke kanan.
Contoh 1:
Angka primer dari 63 yaitu 6 + 3 = 9, dan 9 merupakan angka primer dari 63.
Contoh 2 :
Angka primer dari 692014 yaitu 6+9+2+0+1+4 = 22 lalu 2+2 = 4, dan 4merupakan angka primer dari 692014.
Pythagoras yang merupakan salah satu ahli matematika mengakui pentingnya angka primer meskipun sebagian juga memberikan arti pada angka sekunder misalnya angka 10, angka 17 dan seterusnya. Dan bila ingin digunakan harus dijumlah seperti rumus diatas.
Mencari Angka Primer
Angka primer dimulai dari 1 sampai 9, setiap angka dapat jumlah hingga mencapai angka primer melalui proses sederhana yaitu penambahan dari kiri ke kanan. Seperti contoh angka 25 angka primernya 2 + 5 = 7, dan 7 merupakan angka primer. Demikian juga angka 1971 angka primernya 1+9+7+1= 18 lalu 1+8=9, dan 9 merupakan angka primer.
Mencari Angka Kelahiran
Angka kelahiran ini didapat dengan menjumlah angka kelahiran Anda. Seperti contoh, bila Anda dilahirkan pada tanggal 14 Februari 1971, Anda harus menambahkan angka 2 pada penjumlahan nanti (karena Februari merupakan bulan kedua). Rumus menghitungnya sama seperti rumus mencari angka primer.
Mencari Angka Nama
Mencari angka nama, Anda harus terlebih dahulu mengubah huruf pada nama anda menjadi angka dengan panduan pada tabel dibawah.







Contoh :
Nama : Sabda Alam
Hitungannya :
S a b d a = 1+1+2+4+1= 9
A l a m = 1+3+1+4= 9
kemudian jumlahkan dua angka primer yang didapat dari dua suku kata nama tersebut. 9 + 9 = 18, kemudian angka 18 dicari angka primernya 1+8=9, maka 9 adalah angka dari nama diatas. Bila telah mendapatkan angka yang kita inginkan, baik itu angka kelahiran atau angka nama. Kita tentunya akan mendapatkan ciri-ciri khusus dari angka tersebut. Idealnya bila angka kelahiran dan angka nama sama, karena akan memperkuat ciri-ciri pemilik angka tersebut. Jika ada nama dua kalimat seperti ‘Maya Sari’ maka pakailah salah satunya untuk nama panggilan untuk membawa keberuntungan, sesuai angka yang terbaik tentunya. Terkecuali nama lengkap tersebut jumlahnya baik. Tentunya akan lebih berhasil bila menggunakan nama lengkapnya.

Petunjuk membaca karakter angka :

    Angka satu (1) melambangkan Matahari. Mereka yang memiliki angka satu dilahirkan untuk menjadi pemimpin, ambisius dan aktif, seringkali dominan dan agresif. Angka ini merupakan angka kuat dan memberikan harapan baik untuk mencapai kesuksesan. Seperti halnya Matahari merupakan induk dari sistem tata surya dan menjadi sumber energi bagi proses kehidupan di planet Bumi. Minggu adalah hari yang berkaitan dengan simbol Matahari dengan angka satu.
       Angka dua (2) melambangkan Bulan. Berkaitan dengan angka dua, mereka cenderung menawan dan percaya diri tetapi bisa berubah-ubah, bahkan mungkin suka berbohong dan bisa terlalu sensitif dan depresi. Seperti halnya Bulan pada saat bulan purnama terlihat menawan, dan fase bulan adalah bentuk bulan yang selalu berubah jika dilihat dari bumi. Senin adalah hari yang berkaitan dengan simbol Bulan dengan angka dua.
       Angka tiga (3) melambangkan Yupiter. Orang yang memiliki angka tiga cenderung energik, disiplin, berbakat, sering sukses dalam bidang yang mereka pilih. Bahkan nyatanya mereka tidak puas bila tidak sukses karena mereka mempunyai kesadaran diri yang besar, sangat bangga dan mandiri. Mereka pun senang memegang kendali. Suka memerintah orang, namun juga punya banyak sifat-sifat baik. Seperti halnya Yupiter yang kelihatan sangat cerah karena hampir 70% cahaya matahari yang diterimanya dipantulkan kembali, dan merupakan planet terbesar juga sebagai raja langit. Kamis adalah hari yang berkaitan dengan simbol Yupiter dengan angka tiga. Mereka sangat cocok bergaul dengan angka tiga yang lainnya, dan mereka yang lahir dibawah angka 6 dan 9.
       Angka empat (4) melambangkan Uranus. Orang yang memiliki angka empat tersebut praktis, dengan ketahanan tinggi. Akan tetapi, angka empat, mempunyai lawan dalam dirinya sendiri, dan mereka yang mempunyai angka empat sering melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berlawanan, sehingga mereka tampak seperti pembangkang dan tidak konvensional. Jarang tertarik dengan materi. Sukar berteman dan merasa terasingkan. Seperti halnya Uranus yang mempunyai komposisi yang berbeda dari raksasa gas yang lebih besar. Karenanya, para astronom kadang-kadang menempatkannya dalam kategori yang berbeda. Uranus terlihat dengan mata telanjang seperti lima planet klasik,  tidak pernah dikenali sebagai planet oleh pengamat dahulu kala karena redup dan orbitnya yang lambat. Minggu adalah hari yang berkaitan dengan simbol Uranus dengan angka empat. Mereka dengan angka 1,2,7 dan 8 merupakan teman atau pasangan terbaik bagi si angka empat.
       Angka lima (5) melambangkan Merkuri. Orang yang memiliki angka tersebut riang, sensual, suka cita, impulsif (sudut pandang yang tak lazim), berpikir cepat dan emosional. Mereka juga bernuansa penuh dengan ketegangan dan mudah bangkit dari kegagalan. Seperti halnya dengan Merkurius merupakan planet yang paling terang terlihat dari bumi dan kadang-kadang menampakkan diri sebagai titik kecil saat matahari terbenam atau fajar menyingsing, sehingga sering dijuluki sebagai bintang senja atau bintang pagi. Sisi planet Merkurius yang menghadap matahari sangat panas, lebih dari 420 derajat Celsius. Merkurius dipenuhi kawah, bukit, dan lekukan-lekukan besar seperti jurang. Rabu adalah hari yang berkaitan dengan simbol Merkuri dengan angka lima. Angka lima ini mudah berteman dengan siapa saja, tetapi yang menjadi sahabat kemungkinan adalah mereka yang dibawah angka lima.
       Angka enam (6) melambangkan Venus, mereka yang lahir dibawah angka ini berkesan seimbang dan harmonis serta selalu dikaitkan dengan cinta keluarga,angka ini juga sempurna jumlah faktornya (1,2,3). Angka enam adalah orang yang sangat dapat dipercaya namun bisa keras kepala. Mereka sangat menyukai keindahan, biasanya berparas menawan dan tidak menyukai kegagalan dan pantang menyerah. Seperti halnya Venus yang merupakan planet bumi dan disebut juga “planet saudara” dengan bumi karena ukuran, gravitasi, dan komposisi yang mirip (Venus merupakan planet terdekat dari bumi dan planet yang ukurannya paling mendekati bumi). Sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam, planet ini bisa terlihat dengan mata telanjang dari bumi. Oleh karena itu, Planet Venus disebut bintang malam atau bintang pagi. Selain itu, pada masyarakat umum, Planet Venus dikenal sebagai bintang penggembala. Benda langit ini merupakan planet yang paling bercahaya setelah matahari dan bulan. Jumat adalah hari yang berkaitan dengan simbol Venus dengan angka enam. Angka ini sangat mudah bergaul dibanding angka-angka lainnya.
       Angka tujuh (7) melambangkan Neptunus. Orang yang berada di angka tersebut gemar melakukan perjalanan dan suka lautan, sering kali mempunyai pandangan filsafat atau spiritual yang kuat, mereka biasanya tidak tertarik pada materi. Angka tujuh dianggap mempunyai makna nujum dan intuisi mereka tinggi, bahkan memiliki Indera ke enam. Seperti halnya Neptunus yang memiliki kandungan metana di wilayah terluar planet Neptunus yang merupakan salah satu penyebab penampakan kebiruan Neptunus. Karena jaraknya yang jauh dari Matahari, atmosfer luar Neptunus merupakan salah satu tempat terdingin di Tata Surya, dengan suhu terdingin −218 °C (55 K). Neptunus juga dipandang oleh beberapa ahli mengenai penemuan dan penamaannya. Senin adalah hari berkaitan dengan simbol Neptunus dengan angka tujuh. Mereka adalah pemikir dan selalu mendapat keberuntungan dari angka mereka.
       Angka delapan (8) melambangkan Saturnus. Mereka dengan angka delapan punya kemauan keras, individualistis, dan tampak dingin. Padahal mereka punya perasaan yang kuat dan mendalam, yang terkadang disalah artikan orang lain. Angka 8 ini saling berhubungan tidak ada ujungnya sama halnya dengan Saturnus memiliki piringan cincin disekelilingnya yang tak  ada ujungnya. Saturnus merupakan satu-satunya planet yang memiliki piringan cincin yang membuatnya sangat mudah dikenali di antara sembilan planet di sistem tata surya. Saturnus merupakan planet terindah dengan ribuan cincin mengelilingi tubuhnya. Walaupun cincin Planet Saturnus terlihat padat, cincin itu sebenarnya tersusun atas milyaran serpihan batu yang dilapisi es. Sabtu adalah hari berkaitan dengan simbol Saturnus dengan angka delapan.
       Angka sembilan (9) melambangkan Mars, dipandang sebagai angka puncak, dengan makna khusus bahkan suci. Bila dikalikan angka berapapun, angka tersebut kembali lagi sebagai angka sembilan, (contoh; 3 x 9= 27, 2 + 7 = 9). Angka ini biasanya pantang menyerah, aktif dan penuh kemauan. Mereka biasanya berhasil setelah bersusaha payah, tetapi rentan terhadap kecelakaan maupun cedera, dan bisa juga merupakan orang yang suka bertengkar. Yang terbaik adalah, angka sembilan akan mempengaruhi keberanian dan rasa persaudaraan antara angka yang lain. Seperti halnya Mars sering dijuluki sebagai "planet merah". Dan hari keberuntungan mereka Selasa.
       Untuk dapat menggunakan sistem ini, pemain harus pandai dalam matematika terutama dalam operasi penjumlahan, karena tanpa menguasainya sistem ini tidak dapat digunakan. Selain itu, kode huruf pun harus diketahui, karena dari sana kita akan mendapat nilai untuk dioperasikan. Kemudian, harus menguasai petunjuk cara membaca karakter angka yangmenjadi acuan terakhir untuk mengetahui makna dari hasil pengoperasian sebelumnya.
       Ilmu matematika dapat diaplikasikan dalam berbagai hal. Salah satunya dalam menghitung tanggal atau angka kelahiran dan inisial nama untuk mengenali kepribadian (sifat, watak dan karakter) seseorang dengan mencari angka primernya, tetapi untuk mengetahui itu harus menguasai ilmu angka (numerologi) terlebih dahulu. Kendatipun demikian, ramalan ini hanya dipercaya oleh bangsa Yunani Kuno sejak era pemujaan dewa-dewi dan sekarang sudah mulai ditinggalkamn.
       Dengan menguasai ilmu tersebut, tentu dapat mengetahui karakter seseorang hanya dengan melihat tanggal lahirnya atau bahkan hanya dengan inisial namanya saja. Dalam perhitungan tersebut, sistem operasi pertambahan yang harus dikuasai oleh sang pemain. Kode huruf dalam sistem ini pun harus diketahui agar perhitungannya dapat dilakukan dan harus bisa menguasai petunjuk cara membaca karakter angka.
       Penulis berharap esai yang telah disusun ini dapat memberi informasi bagi para pembaca mengenai Numerologi dan cara mengaplikasikannya. Semoga bermanfaat khususnya untuk penulis dan umumnya untuk pembaca. Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis menyarankan bahwa jika ingin bisa memprediksi (meramal) sifat seseorang harus menguasai operasi penjumlahan, kode huruf yang telah ditentukan, dan petunjuk cara membaca karakter angka.

Dikirim oleh: Dela Hoeriah
delahoeriah59@gmail.com
 

DAFTAR PUSTAKA

Damarwulan, W. (2009, 19, Juni). Numerologi: Mengetahui Sifat Manusia dari Angka. [Online], Tersedia: https://windydamarwulan. wordpress.com/2009/06/19/numerologi-mengetahui-sifat-manusia-dari-angka-angka/ [14 Maret 2016]
Anonim. (2014). Cara Mengetahui Watak Seseorang Menggunakan Angka Primer. [online]. Tersedia: http://www.kangsigit.com/2014/07/cara-mengetahui-watak-seseorang.html.[16 Maret 2016]
Yani, Ahmad. (2014) PENGANTAR KOSMOGRAFI. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar